Menu
Hacker Room
Informasi
Lifestyle
WebDev
life

Untuk Apa Kita Bekerja?

Untuk apa bekerja? Padahal bekerja itu capek, membosankan, mencegah kita melakukan hal-hal menyenangkan.

Apakah bekerja hanya untuk mendapatkan uang? Atau, kita bekerja untuk menyenangkan orang lain? Apa alasan terkuat yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang membosankan?

Setidaknya, ada dua alasan besar mengapa seseorang bekerja:

  1. Uang
  2. Amanah

Menjadi seorang ayah adalah menjadi tumpuan bagi keluarganya. Itu artinya, seorang ayah harus mengorbankan waktu bersantainya untuk berjuangengumpulkan uang dengan bekerja. Bukan hanya seorang ayah aja sih. Siapapun yang menginginkan uang, tentu saja akan bekerja. Bisa jadi dia mengumpulkan uang itu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, atau untuk memenuhi kebutuhan sekundernya seperti nonton konser di Korea.

Itu sah-sah aja selama cara mengupayakannya dengan cara yang halal dan tidak memaksa orang lain untuk memberi kita uang. Artinya, melalui cara yang wajar, yaitu bekerja.

Tapi, terkadang kita merasa malas untuk mengumpulkan uang bukan karena uang kita sudah cukup. Tapi, entah mengapa males banget untuk bekerja. Nah, mungkin alasan kedua ini bisa membantu, yaitu amanah.

Amanah di sini maksudnya adalah visi, tujuan tentang mengapa kita bekerja, apakah yang akan kita raih, tapi yang paling nampak adalah tentang bagaimana posisi kita di tengah-tengah masyarakat kerja.

Misalnya saja seorang petani yang memiliki visi tentang apa yang dikerjakannya. Dia tau bahwa dengan bertani ini nggak bisa memberikannya duit yang banyak. Tetapi, dia paham bahwa bertani adalah profesi yang sangat penting karena dengan biji-biji gabah yang diolahnya menjadi padi siap olah itu, akan menjadi makanan pokok yang akan memberikan energi kepada banyak orang dan juga mencegah orang-orang kelaparan.

Kemudian, ada tokoh agama. Mereka adalah orang-orang yang orientasinya bukan berapa banyak uang di dalam amplop, melainkan adalah memiliki keinginan untuk membuat orang-orang mengenal Tuhannya.

Lalu ada pengembang website. Mereka adalah orang-orang yang sadar bahwa website-website yang mereka buat akan memudahkan orang-orang dalam berkoneksi dan memudahkan pekerjaan orang-orang yang menggunakan website olahannya.

Jadi memang penting banget buat menemukan sebuah nilai dari pekerjaan yang kita kerjakan ini. Jadi, bukan hanya uang yang kita kejar, melainkan juga nilai yang kita perjuangkan. Bahkan, seorang pembunuh bayaran aja ketika bisa menemukan nilai dalam pekerjaannya (misal, untuk menyelamatkan orang-orang yang nggak bersalah dengan cara membunuh orang-orang jahat) maka dia akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Pada akhirnya, uang takkan ada artinya lagiā€¦

Random Articles

Daftar Isi

Latihan SCSS dengan SvelteKit

Sejak Kapan Sebaiknya Anak Diajarkan Ilmu Agama?

Cara Setting .vimrc untuk Setting Neovim

About Me

Cari